Sunday, December 25, 2016

10 Cara merawat kesehatan mata

Kita mungkin terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata kita. Padahal organ mata termasuk dalam 5 indera terpenting di dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.


Untuk memastikan mata agar tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut merupakan 10 cara merawat kesehatan mata, seperti  yangdilansir Ehow.

1. Makan banyak sayuran dan buah-buahan


Wortel sarat dengan beta karoten yang sangat membantu sekali dalam menjaga kesehatan mata. Itu
dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan mata secara permanen serta ketidaknyamanan pada bola mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan tetes mata

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata jika merah boleh saja, namun itu dilakukan hanya sesekali. Apabila berlebihan, maka dapat merusak kesehatan mata Anda.

4. Gunakan mentimun

Gunakanlah mentimun guna untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang  sudah anda iris di atas kelopak mata selama kurang lebih 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah mata panda.

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakanlah lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Untuk tetap menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tdk menghabiskan waktu terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dikarenakan dapat membuat mata lelah.

7. Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar
bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

9. Hindari kontak langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Agar mata tetap sehat jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang dan Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena itu bisa merusak mata Anda.

10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah untuk memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Duduklah sejenak dan tempatkan siku di pinggul, kemudian tutup mata menggunakan telapak tangan Anda. Apabila sudah Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda hingga 10 detik kemudian Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Inilah 10 cara untuk menjaga kesehatan mata. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Rawatlah mata Anda karena tanpa itu Anda tidak akan dapat melihat indahnya dunia.

No comments:

Post a Comment